AMOLED & IPS LCD kelebihan dan kekuranganyah

Layar adalah sebuah hal penting dalam sebuah output display perangkat utama dalam sebuah [erangakt entah itu monitor, smartphone ,laptop, tablet bahkan pc AIO. Layar merupakan bagian penting dari sebuah perangkat, entah itu smartphone, tablet, laptop, atau bahkan Aio. Tehnologi Sekarang Memberikan banyak pilihan, yang terbaik salasatu nya yaitu IPS LCD (Liquid Crystal Display) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) yang mampu bersaing dengan kelebihan dan kekurangan-nya masing-masingyang kompetitif memberikan teknologi, inovasi yang sangat di butuhkan para penguna layar.

Layar IPS LCD

LCD (Liquid Crystal Display) ini lumayan hampir satu dekade menguasai pasar elektronik dari sebuah laptop, TV hingga barang yang mencakup layar output, mayoritas monitor komputer. Pada intinya LCD menggunakan kristal cair, dimana satu piksel LCD terbuat dari satu buah kristal cair sebagai titik cahaya. Di belakang susunan kristal cair ini ada backlight yang menjadi sumber cahaya. Cahaya yang melewati kristal cair ini kemudian terpolarisasi, dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang ada disisi susunan kristal, sehingga beberapa warna akan diteruskan dan warna lainnya akan tersaring.Teknologi LCD yang paling banyak digunakan saat ini ada;lah IPS (In-Plane Switching) LCD. Layar IPS LCD memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, antara lain.

Kelebihan Yang di paparkan di bawah tidak mendasari bahwa IPS menjadi terdapan, karna competitor yang terjadi memang ketat.

• Memiliki color gamut yang baik

• Biaya produksi lebih murah dibandingkan AMOLED

• Menghasilkan tampilan warna yang lebih natural

• Warna lebih cerah saat dibawah sinar matahari langsung

• Tidak memiliki efek burn-in seperti AMOLED, jadi awet digunakan dalam waktu lama.

• Gambar yang dihasilkan lebih tajam

Semua software atau hadware itu tak selamanyah memberi kecangihan kadang kala inovatif yang di berikan masih ada kekurangan yang memang akan penyempurnan oleh produsen lain yang di lihat peluang. Nah kelemahan yang ada pada IPS yaitu

• Karena dilengkapi backlight, IPS LCD lebih tebal dari AMOLED

• Rasio kontras warna tidak sekuat AMOLED (Hitam tidak 100% hitam, putih tidak 100% putih)

• Lebih boros penggunaan daya dibandingkan AMOLED

• Refresh rate dan response time lebih rendah dibanding AMOLED

Layar AMOLED

AMOLED ( Active Matrix Organic Light-Emitting Diode ) teknologi yang terbaru untuk display layar Output ketimbang IPS LCD dan teknologi AMOLED mengunakan fitur anoda dan katoda mengaliran electron melalui lapisan tipis dan sangat tipis filem, electron yang memegang peran oleh kuota yang mengalir warna yang kontras di atur oleh diode yang tertanam di layar.

Teknologi AMOLED yang sering digunakan saat ini adalah Super AMOLED. Layar Super AMOLED memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, antara lain.

Kelebihan AMOLED

Memiliki rasio kontras yang lebih tinggi daripada IPS LCD Lebih hemat konsumsi daya, bahkan hingga 10x lipat dari IPS Display Bisa mengupdate warna piksel secara independen, berbeda dengan IPS yang mengupdate seluruh pixel setiap kali ada perubahan warna. Hasilnya AMOLED memiliki FPS dan response time yang lebih cepat. Karena setiap piksel merupakan RGB LED independen, untuk menampilkan warna hitam layar akan mematikan piksel tersebut, sehingga warna hitam benar-benar hitam, dan ini tidak bisa dicapai oleh layar IPS LCD. arna putih juga lebih bagus direpresentasikan oleh AMOLED daripada IPS LCD yang cenderung kebiruan.

Kekurangan AMOLED

Rawan terjadi screen burn-in, jadi jika dalam waktu lama kamu sering menggunakan aplikasi WhatsApp misalnya, maka bentukan icon / desain WhatsApp tersebut akan tertinggal di layar.Biaya produksi jauh lebih mahal jika dibandingkan IPS LCD, terlebih untuk layar berukuran besar. Jadi perangkat dengan layar AMOLED seringkali harganya juga mahal. Jika kamu menggunakan wallpaper dan tema bernuansa hitam, AMOLED memang jadi lebih hemat baterai. Tetapi jika sebaliknya, kamu menggunakan wallpaper dan tema bernuansa putih atau cerah, AMOLED juga bisa jadi lebih boros dalam penggunaan daya dibanding IPS LCD. Jadi boros tidaknya konsumsi daya layar AMOLED tergantung bagaimana kamu memakainya.

Mana yang Lebih Baik

Dari paparan di atas antara AMOLED dan IPS LCD memang rekomendasi bagi kalian yang ining mengunakan yang mana tetapi perbedan nyah tipis yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yang bisa anda pertimbangkan sesuai kebutuhan masing-masing pegunan. Sebagai contoh, rata-rata smartphone berlayar AMOLED memiliki rentang harga yang lebih tinggi daripada smartphone berlayar IPS LCD karena memang layar AMOLED sendiri lebih mahal dari IPS LCD. (Kecuali iPhone, yang meskipun sampai saat ini masih menggunakan layar IPS LCD, tapi harga jualnya dibandrol Apple dengan sangat tinggi). Jadi jika budget kamu terbatas, kamu bisa memilih smartphone berlayar IPS LCD. contoh yang terjadi hal nyah pada editing Foto atau Video editor sangat kontras perbedan antara amoled dan IPS LED mernyarankan lebih mengunakan IPS LED yang kontras nya lebih jelas terilhat antara hasil di monitor dan objek langsung cenderung natural dan mendekati.

Jadi bagi anda lebih suka mengunakan teknologi yang mana yang sesuai buget dan keprluan anda.?